Dampak Pengaruh Merokok

Merokok

Merokok? Hati-hati. Sekarang ada larangannya. Ada tempatnya. Ada adabnya. Bila ditanya, apa sih manfaat merokok? Jawab para peroko, 'Kepuasan, menghilangkan stress, mengisi waktu luang.' Untuk kesehatan? jawabannya apa ya?

Merokok memang sering menimbulkan masalah. Bahkan saking seringnya, ada yang meninggal gara-gara rokok. Telaah dari dunia kedokteran bukan zamannya lagi diperdebatkan. Merokok sudah dipatenkan mengganggu kesehatan. Tidak hanya bagi penikmatnya yang aktif, tetapi juga berdampak pada orang lain, yang pasif. Hubungannya dengan norma kesopanan?....

Pada banyak kasus penyakit yang menimpa orang dewasa, khusunya laki-laki, sebagiannya disebabkan oleh rokok. Mulai dari yang biasa sampai yang kronis. Bahkan yang menyebakan kematian. Bila demikian, lantas mengapa masih banyak orang yang senang merokok. Bahkan ada yang gagah-gagahan merokok di depan umum. Menghembuskan asap di tempat terbuka. Artinya, sama saja menyalurkan virus penyakit ke paru-paru orang lain yang menghirupnya.

Lihatlah iklan di berbagai media, atau yang lebih dekat dan sering dijumpai para perokok. pada label rokok di samping kiri atau kanan pembungkusnya dengan jelas tertera "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN." Tahukah Anda, sebenarnya kalimat itu tidak saya hapal. Saya pinjam bungkusan rokok seorang teman di warnet saaat tulisan ini saya selesaikan. Artinya, demikian mudahnya kita dapati para perokok dan orang-orang yang sengaja mencari penyakit bagi jiwanya.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Feedjit Live Blog Stats