Seminar Pengelolaan Pendidikan RI-China

Beijing --- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing bekerja sama dengan Beijing Municipal Education Commission mengadakan seminar bertajuk “School Management in Chinese Primary and Middle School”. Seminar berlangsung di kantor Bejing Municipal Education Commission pada 26-27 April 2012.
Profesor Wang dari Beijing Institute of Education menjelaskan, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan di Tiongkok berjalan cepat. “Perkembangan ini menggembirakan, karena menunjukkan adanya kesinambungan dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam praktek penyelenggaraan pendidikan di Tiongkok,” ujarnya ketika berbicara dalam seminar tersebut.
Menurut Wang, dalam dimensi ruang dan waktu yang berbeda, praktek penyelenggaraan pendidikan ini pun berbeda pula. “Tentu saja hal ini terkait dengan situasi dan kondisi yang menyertai pendidikan itu sendiri yang bervariasi di dalam negeri Tiongkok.”
Seminar ini diikuti 52 orang peserta. Mereka adalah dosen dan mahasiswa S2/S3 Program Studi Administrasi Pendidikan SPs Universitas Pendidikan Indonesia. Diskusi yang berlangsung di antara peserta berkembang seputar kebijakan penyelenggaraan pendidikan di Tiongkok baik pendidikan dasar menengah dan pendidikan tinggi, serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pendidikan. Seminar ini berupaya memfasilitasi perluasan dan wawasan pengalaman mahasiswa dalam mendalami berbagai kajian teori dan praktek pendidikan di Tiongkok.
Adapun Profesor Wu dalam penutupan seminar berterima kasih atas perhatian dan minat yang besar dari peserta luar negeri terutama Indonesia yang bersedia hadir. Dia berharap seminar ini dapat memberikan perbandingan praktek administrasi pendidikan di Tiongkok khususnya dari perspektif perencanaan, kebijakan pendidikan dan penjaminan mutu pendidikan (Atdikbud Beijing)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Feedjit Live Blog Stats