KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2011-2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
 KOMPETENSI INDIKATOR

Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.

Menentukan persamaan isi berita.

Menentukan perbedaan penyajian berita.

Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.

Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.

Menyimpulkan isi paragraf.

Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.

Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita

anak.

Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.

1 Membaca dan memahami berbagai

teks nonsastra (biografi, artikel,

berita, iklan, tabel/diagram, bagan,

grafik, peta, denah), berbagai karya

sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,

buku kumpulan cerpen, cerita anak,

buku cerita anak, novel remaja, novel

angkatan 20 – 30-an, dan drama).

Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.

Menulis catatan pengalaman pada buku harian.

Menulis pesan singkat sesuai konteks.

Menulis laporan/pengumuman/resensi.

Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.

Menulis rangkuman.

Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan

sesuai konteks.

Menulis iklan sesuai konteks.

Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.

Menulis teks pidato.

Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya

ilmiah/daftar pustaka.

Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.

Melengkapi pantun.

Melengkapi puisi.

2. Menulis dan menyunting teks

nonsastra dengan menggunakan

kosakata yang bervariasi dan efektif

dalam bentuk buku harian, surat

pribadi, surat dinas, narasi dan pesan

singkat, laporan, pengumuman,

petunjuk, rangkuman, teks berita,

slogan/ poster, iklan, resensi dan

karangan, surat pembaca, teks pidato,

dan karya ilmiah; menulis teks sastra

dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,

cerpen, dan drama.

Melengkapi naskah drama.

Kompetensi–Standar Isi–2011-2012 2

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs

NO KOMPETENSI INDIKATOR

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional

pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting

card, letter/e-mail, short message, advertisement,

announcement, invitation.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk

procedure.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk

descriptive.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk

recount.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks

berbentuk narrative.

1. READING (Membaca)

Memahami makna dalam wacana

tertulis pendek baik teks fungsional

maupun esai sederhana berbentuk

deskriptif (descriptive, procedure,

maupun report) dan naratif (narrative

dan recount) dalam konteks

kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama

paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat

dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa

atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks

rumpang bentuk recount/narrative sederhana.

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks

rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.

Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat

kalimat yang bermakna.

2. WRITING (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis

teks fungsional pendek dan esai

sederhana berbentuk deskriptif

(descriptive, procedure, maupun

report) dan naratif (narrative dan

recount) dalam konteks kehidupan

sehari-hari.

Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk

membuat paragraf yang padu dan bermakna.

Kompetensi–Standar Isi–2011-2012 3

3. MATEMATIKA SMP/MTs

NO KOMPETENSI INDIKATOR

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

perbandingan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

bilangan berpangkat atau bentuk akar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial

sederhana.

1. Menggunakan konsep operasi hitung

dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,

bilangan berpangkat, aritmetika

sosial, barisan bilangan, serta

penggunaannya dalam pemecahan

masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

barisan bilangan dan deret.

Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu

variabel.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

himpunan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

fungsi.

Menentukan gradien, persamaan garis, atau

grafiknya.

2. Memahami operasi bentuk aljabar,

konsep persamaan linier, persamaan

garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem

persamaan linier, serta

penggunaannya dalam pemecahan

masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

sistem persamaan linier dua variabel.

Menyelesaikan masalah menggunakan teorema

Pythagoras.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas

bangun datar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

keliling bangun datar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat

sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong

garis lain.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris

istimewa pada segitiga.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan

dua lingkaran.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

kesebangunan atau kongruensi.

Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.

3. Memahami bangun datar, bangun

ruang, sudut, serta menggunakannya

dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

volume bangun ruang.

Kompetensi–Standar Isi–2011-2012 4

NO KOMPETENSI INDIKATOR

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas

permukaan bangun ruang.

Menentukan ukuran pemusatan atau

menggunakannya dalam menyelesaikan masalah

sehari-hari.

4. Memahami konsep dalam statistika,

serta menerapkannya dalam

pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

penyajian atau penafsiran data.

5. Memahami konsep peluang suatu

kejadian serta menerapkannya dalam

pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

peluang suatu kejadian.

Kompetensi–Standar Isi–2011-2012 5

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

NO KOMPETENSI INDIKATOR

1. Melakukan pengukuran dasar secara

teliti dengan menggunakan alat ukur

yang sesuai dan sering digunakan

dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan

satuannya atau penggunaan alat ukur dalam

kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya

atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan

sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat

yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor

serta kegunaannya dalam kehidupan

sehari-hari.

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan

suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam

kehidupan sehari-hari.

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum

Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi

pada kondisi tertentu.

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam

kehidupan sehari-hari.

3. Mendeskripsikan dasar-dasar

mekanika (gerak, gaya, usaha, dan

energi) serta penerapan konsep

tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis yang terkait dengan

tekanan pada suatu zat.

Menentukan besaran fisis pada getaran atau

gelombang.

Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam

kehidupan sehari-hari.

4. Memahami konsep-konsep dan

penerapan, getaran, gelombang,

bunyi, dan optik dalam produk

teknologi sehari-hari.

Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang

berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan

alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan

kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam

suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum

Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan

sehari-hari.

Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam

kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub

yang dihasilkan.

5. Memahami konsep kelistrikan dan

kemagnetan serta penerapannya

dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau

penerapannya pada transformator.

6. Memahami sistem tata surya dan

proses yang terjadi didalamnya.

Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat

perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap

matahari.

7 Mendeskripsikan konsep atom, ion

dan molekul dihubungkan dengan

produk kimia sehari-hari.

Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul

sederhana serta penggunaannya pada produk kimia

dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi–Standa

http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/pengumuman/204

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Feedjit Live Blog Stats